Selasa, 18 Mei 2010

Get more education in Psychology

Akhir bulan lalu, saya dan seluruh mahasiswa aktif di fakultas Psikologi Universitas Airlangga melaksanakan evaluasi hasil belajar melalui UTS..

UTS dan ujian-ujian lainnya selalu berarti bagi saya adalah belajar lebih keras dari sebelumnya, makan yang lebih banyak, dan juga kamar yang berantakan..

Yak benar sekali, belajar ketika ujian memang sedikit memerlukan tenaga yang ekstra.. saya harus berusaha lebih keras dari biasanya dalam membaca dan memahami materi yang ada..

Saya harus menuliskan kembali dengan pena yang berwarna apa yang sudah saya baca lalu membacanya dengan bersuara saat saya berusaha menghafalkannya..

Saya memang lebih bisa mudah menyerap apa yang saya pelajari dengan cara pembelajaran visual..

Selain itu, saya juga harus menjaga kesehatan saya secara ekstra karena saya memang sedikit mudah sakit jika sudah kelelahan..

Untuk mengatasi itu saya berusaha dengan mengonsumsi makanan yang lebih banyak dari biasanya dan vitamin secukupnya..

Kamar yang berantakan terutama dibagian tempat buku diletakkan selalu tak ketinggalan jika saat UTS seperti ini berlangsung karena saya tidak mungkin sempat membereskan buku-buku dan kertas fotokopi yang ada selama UTS..

Tentu saja saya lebih memilih untuk belajar materi yang akan diujikan terlebih

dahulu..

Psikologi Pendidikan..

Siswa yang memiliki SES yang tinggi, prestasinya juga relatif jauh lebih baik daripada siswa dengan SES rendah…

Teori Amalgasi yaitu teori yang menyebutkan bahwa adanya percampuran budaya antara budaya asal dan budaya baru. Kelemahannya adalah dapat membuat siswa kehilangan identitasnya..

Psikodiagnostik 2..

Reactivity ialah aktivitas individu yang mengubah kebiasaan perilaku mereka ketika mereka mengetahui bahwa mereka sedang diobservasi..

Psikodiagnostik 3..

Fungsi active listening adalah untuk membantu membuka diri, membantu ekspressing feeling yang sesuai, membantu memahami situasi, memberikan respon, mengarahkan masalah-masalah yang khusus, dan menyimpulkan hal-hal yang bertentangan serta perlu klarifikasi..

Psikometri..

Dalam tes ulang memungkinkan terjadinya carry over effect yaitu adanya efek belajar dari subyek akibat tes yang diberikan adalah sama pada suyek yang sama pula..

Psikologi Komunikasi..

Teori penetrasi social terdiri dari artificial level (tahapan memulai hubungan), intimate level (tahapan hubungan yang lebih mendalam sehingga dapat menentukan status hubungan tersebut), dan very intimate level (tahapan hubungan intim yang sudah lama dan informasi sudah banyak kita dapatkan)..

Teori Psikologi Perkembangan..

Menurut Karl Buhler, anak berbahasa dengan didorong oleh 3 nafsu yaitu kungabe (dorongan yang merangsang anak untuk memberitahuan isi batinnya), auslosung (dorongan pada anak untuk melepaskan kata-kata sebagai hasil peniruan), dan dorstellung (dorongan kepada anak agar dapat mengungkapkan segala sesuatu yang menarik hati dan memikat perhatiannya)..

Psikologi Eksperimen..

Variable extraneous adalah variasi yang tidak diinginkan dalam sebuah eksperimen yang dapat menggannggu variabel terikat..

Dari pembelajaran yang lebih saat UTS ini saya mendapatkan ilmu-ilmu yang lebih mendalam tentang psikologi..

Murni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar